Menjelajah Padang Pasir Bintan Di Telaga Biru, Secuil Sahara Indonesia

Pernahkah Anda terbayang bisa mendapatkan sensasi liburan di gurun pasir tanpa harus ke gurun pasir sesungguhnya? Well mungkin akan terpikir untuk berkunjung ke Parangkusumo, namun keberadaan padang pasir Bintan tak boleh dilewatkan untuk masuk ke wishlist Anda!

Tunggu dulu, Bintan memiliki padang pasir?

Anda tak salah baca. Pulau Bintan, selain dianugerahi dengan pantai dan keindahan bawah laut yang luar biasa, juga memiliki objek wisata gurun pasir. Terdapat beberapa padang pasir yang bisa Anda kunjungi, dan salah satu yang paling terkenal adalah Padang Pasir Telaga Biru, yang ada di Dusun Busung.

Padang Pasir Bintan, Unik dan Instagrambale!

Bintan memiliki padang pasir yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan sensasi unik saat berada di sana. Panasnya udara dan terik matahari yang ‘tersaji’ akan jadi sensasi unik liburan di gurun pasir tanpa harus ke  negeri.

Berbeda dengan Gumuk Pasir yang ada di Parangkusumo, Yogyakarta, keberadaan padang pasir Bintan ini merupakan akibat dari penambangan yang dahulu pernah terjadi. Ketika penambangan pasir ini berhenti, sisa lokasi justru jadi satu objek tersendiri yang mulai diminati orang banyak.

Tentu saja, netizen Indonesia tak akan melewatkan kesempatan berfoto dengan latar unik yang jarang ditemui. Apa lagi untuk mendapatkan view padang pasir Anda tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup terbang ke Kepulauan Riau, dan semua tersaji lengkap di sana!

Warga dan pemerintah daerah sekitar kemudian memanfaatkan kesempatan ini untuk mengelola salah satu bekas penambangan pasir, yang ada di Telaga Biru, yang juga objek wisata lainnya, untuk jadi destinasi unik di sana.

Perpaduan Sempurna dengan Air di Telaga Biru

Meski bukan lanskap yang terbentuk secara alami, namun padang pasir Bintan yang satu ini seperti ‘diberkahi’ oleh alam untuk menjadi destinasi wisata seru. Keunikan gurun pasir juga didukung oleh air Telaga Biru yang berwarna cerah, sehingga benar-benar seperti oase di gurun.

Nah, untuk Anda yang ingin berburu foto dan gambar keren, perpaduan ini akan jadi komposisi mengesankan. Sedikit kemampuan editing akan membuat tone warna yang muncul benar-benar unik, sehingga tak heran jika banyak figur publik yang membuat konten di lokasi ini.

Secara detail, lokasi padang pasir Bintan ini berada di Dusun Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, sekitar 45 menit perjalanan darat dari Bandara RHF Tanjung Pinang. Dari Pelabuhan Tanjung Uban, jaraknya lebih dekat, yakni hanya 15 menit saja.

Menarik Minat Wisatawan dari Berbagai Lokasi

Pesona gurun pasir ini tak hanya menarik minat wisatawan lokal, namun juga internasional. Tak sedikit wisatawan mancanegara yang datang berkunjung untuk turut menikmati keindahan padang pasir yang ada di Bintan ini.

Beberapa negara yang menjadi langganan dari objek ini antara lain Malaysia, Singapura, dan negara-negara tetangga lainnya. Mereka, sama seperti wisatawan lokal yang datang ke sana, juga ingin merasakan secuil Sahara di tengah area tropis.

Untuk masuk dan menikmati area ini, Anda hanya harus membayarkan ongkos parkir saja. Untuk tiket motor seharga Rp.2.000, untuk mobil seharga Rp.5.000. kemudian untuk wisatawan mancanegara yang datang ke sini, tiketnya dikenai tarif Rp.10.000 per orang. Sangat murah untuk area sekitar 6.000 hektar yang bisa dijelajah dengan bebas bukan?

Tidak hanya padang pasir Bintan yang menarik pengunjung, namun juga Telaga Biru yang ada di area ini. Didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap, pengunjung juga bisa menyewa perahu kano khusus untuk menjelajahi telaga. Hanya dengan biaya sewa antara Rp.15.000 hingga Rp.20.000 saja Anda bisa berkesempatan mendapatkan foto terbaik di tengah danau.

Promosi dengan Berbagai Cara

Jika melihat potensi yang dimiliki padang pasir ini, tak heran jika berbagai cara promosi dilakukan. Mulai dari konten di media sosial, kolaborasi dengan figur publik, hingga membuat paket-paket wisata untuk menjelajah ke sana.

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, objek wisata unik seperti ini akan mudah sekali viral ketika diunggah ke media sosial. Dalam waktu singkat, ada satu masa ketika padang pasir Bintan yang ada di Telaga Biru ini dijadikan tempat favorit untuk foto pra nikah. Tentu hasilnya luar biasa, mengingat kondisi alam yang benar-benar tiada duanya.

Perlahan tetapi pasti, objek wisata yang merupakan sisa dari aktivitas penambangan berhasil menjadi kekuatan ekonomi untuk masyarakat sekitar. Dukungan pemerintah dan masyarakat luas menjadi faktor besar terkenalnya objek wisata yang satu ini.

Menikmati keindahan padang pasir Bintan bisa Anda lakukan kapan saja. Namun melihat kondisi sekarang ini, agaknya kunjungan Anda ke sana harus ditunda atau ditinjau kembali. Well setidaknya Anda sudah memiliki referensi dan informasi seputar objek ini, jadi itinerary Anda akan mulai terisi dengan baik.

Informasi seperti padang pasir Bintan yang ada di Telaga Biru ini banyak tersedia di situs resmi Indonesia Travel. Disampaikan dengan menarik, Anda bisa berkunjung kesana guna mendapatkan informasi paling update soal pariwisata Indonesia. Jadi, segera kunjungi situs resminya, dan dapatkan bahan terbaik untuk menyusun itinerary liburan yang akan Anda lakukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *