3 Pantai Banyuwangi Terbaik untuk Surfing, Mana Saja Ya?

Apakah Anda sudah tahu jika Banyuwangi merupakan salah satu daerah, di Asia Tenggara, yang memiliki ombak paling menantang? Yap, pantai Banyuwangi memiliki struktur dan letak yang luar biasa strategis, sehingga memiliki ombak sempurna untuk penggila surfing.

Salah satu pantai Banyuwangi yang paling terkenal tentu adalah Pantai Plengkung, atau biasa dikenal dengan sebutan G-Land. Pantai ini sangat terkenal di kalangan peselancar dunia, karena memiliki ombak menantang yang disajikan langsung oleh Samudera Hindia.

Tapi tunggu dulu, bahasan kali ini tak hanya pada G-Land yang terkenal saja, namun juga akan menyoroti dua pantai lain yang juga memiliki struktur, ombak, dan angin yang sempurna untuk surfing. Jadi apa yang kita tunggu? Mari masuk ke pembahasan masing-masing spot ini sekarang juga!

Pantai Plengkung, Pantai Banyuwangi dengan Ombak Sempurna!

Pantai Plengkung yang ada di Banyuwangi ini wajib jadi daftar kunjung pertama yang Anda miliki, jika ingin surfing. Pantai yang terkenal tak hanya karena pemandangannya, namun juga ombaknya yang begitu sempurna, menjadikan namanya terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia.

Pantai Plengkung atau biasa disebut dengan G-Land memiliki tempat tersendiri di hati peselancar dari seluruh dunia, karena selalu menjanjikan ombak hingga ketinggian 8 meter. Tak heran bukan jika pantai ini mendapatkan gelar salah satu pantai paling sempurna untuk surfing di Asia Tenggara?

Ombak yang besar ini karena pantai Banyuwangi yang satu ini menghadap langsung ke Samudera Hindia, sehingga memiliki angin yang cukup kencang. Pernah tercatat bahkan ombak yang tersaji di pantai ini mencapai panjang hingga 2 kilometer.

Berbagai kejuaraan surfing internasional pernah diadakan di pantai ini. Salah satunya, adalah Da Hui Pro Surfing World Championship seri III, yang diadakan pada tahun 2003 silam. Acara ini sukses melambungkan nama G-Land sebagai salah satu spot yang wajib dikunjungi jika mencari ombak menantang.

Pulau Tabuhan juga Memiliki Pantai Tak Kalah Menantang

Surfing sendiri merupakan kegiatan menggunakan papan yang memanfaatkan ombak. Namun variasi kegiatan atau olah raga ekstrim ini juga banyak. Dua lainnya adalah kitesurfing dan windsurfing. Keduanya juga memiliki tantangan masing-masing, dan keseruannya tersendiri.

Keseruan ombak dan angin kencang yang ada di pantai Tabuhan sendiri bisa Anda nikmati setelah Anda menempuh jarak setidaknya 20 kilometer, dari Banyuwangi. Memang terdengar agak jauh, namun jika Anda sudah menaiki speed boat yang ada di sana dan melihat indahnya lautan, perjalanan akan terasa sangat singkat.

Kite surfing dan wind surfing sendiri memerlukan area perairan yang luas, serta angin yang berhembus kencang. Tanpa kedua syarat utama ini, dua kegiatan ekstrim tersebut tak bisa dilakukan. Pantai Tabuhan memiliki keduanya, dan jadi alasan kenapa pantai ini juga jadi salah satu incaran surfer baik lokal maupun internasional.

Kondisi alam yang mendukung ini dimaksimalkan oleh penduduk setempat dan pengusaha untuk menyediakan berbagai fasilitas yang diperlukan. Memang keberadaannya di satu pulau yang agak jauh dari pulau utama. Tapi soal fasilitas, Anda tak perlu ragu untuk mengandalkan apa yang ada di sana!

Pantai Banyuwangi Ketiga untuk Selancar, Pantai Pulau Merah

Seperti tak kehabisan spot pantai yang cocok untuk berselancar, Banyuwangi juga menawarkan Pantai Pulau Merah untuk Anda yang tengah mencari titik terbaik belajar selancar. Olah raga ekstrim yang satu ini memang memerlukan pelatihan yang rutin, agar Anda mahir dan bisa bermain dengan selamat.

Pantai Pulau Merah jadi salah satu titik pantai Banyuwangi yang sangat cocok untuk digunakan belajar surfing, karena ombaknya yang cukup bagus untuk pemula. Selain itu, area pantai yang digunakan untuk berselancar tak memiliki banyak batu karang, sehingga cenderung aman.

Meski demikian pantai yang satu ini juga memiliki daya tarik tersendiri untuk event organizer selancar. Tak jarang pantai Pulau Merah dijadikan tempat lomba atau event rutin, yang berhasil menarik perhatian banyak peselancar dari seluruh dunia.

Ketika Anda sampai di pantai ini Anda mungkin akan mendapat jawaban mengapa mereka semua datang dan merasa betah. Lepas dari ombak yang sempurna untuk berselancar pantai tersebut juga memiliki pemandangan sunset yang luar biasa, yang terpantul indah di area pantai lain yang berbatu-batu.

Reputasi pantai Banyuwangi yang demikian besar untuk tempat berselancar sebenarnya sudah dimiliki sejak beberapa waktu yang lalu. Namun karena pandemi, semua aktivitas kemudian harus dibatasi dan praktis mengurangi gairah wisata dan olahraga ekstrim di sana.

Namun karena pandemi nampaknya sudah mulai terkendali, kini pantai Banyuwangi sudah kembali dibuka untuk umum. Meski belum pada kapasitas maksimalnya, namun setidaknya Anda yang sudah rindu berselancar bisa mulai mengagendakan perjalanan ke sana. Anda bisa dengan mudah mengakses situs resmi Indonesia Travel untuk mengetahui informasi terbaru mengenai wisata Banyuwangi, dan wisata lain di seluruh Indonesia. Disampaikan dengan menarik dan padat, segera sempurnakan agenda liburan dengan materi yang ada di Indonesia Travel!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *