Apa Itu Rehabilitasi dan Rangkaian Kegiatan Program Pemulihan

Rehabilitasi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk pemulihan secara terpadu bagi pengguna dan pecandu narkoba. Adapun tujuan dari melakukan rehabilitasi adalah untuk membuat pecandu lepas dari ketergantungan obat-obatan terlarang.

Melakukan rehabilitasi sangat penting karena pada prosesnya ada tahapan-tahapan rehabilitasi dan program yang dibuat sejak awal proses rehab sampai tahap pemulihan. Dimana dengan program rehabilitasi narkoba yang tepat bukan tidak mungkin pecandu bisa pulih dan benar-benar lepas dari ketergantungan obat. Akhirnya membuat pecandu bisa sehat dan produktif kembali serta punya kehidupan sosial yang normal di masyarakat.

Tahapan Rehabilitasi

Untuk melakukan rehabilitasi ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Adapun tahapan ini harus dilakukan secara maksimal untuk mempercepat pemulihan dan mengurangi potensi terjadinya kekambuhan atau relaksasi bagi pasien.

1. Tahapan Rehabilitasi Medis

Pada tahapan ini merupakan tahapan pertama untuk melakukan rehabilitasi agar pecandu bisa lepas dari ketergantungan narkoba. Dimana dokter akan memeriksa kesehatan para pecandu secara keseluruhan baik fisik maupun mentalnya.

Setelah itu dokter akan menentukan jenis pengobatan yang harus dilakukan agar bisa mengurangi gejala putus obat yang akan dirasakan oleh pecandu. Pemberian obat biasanya tergantung dari jenis narkoba yang digunakan dan tingkat keparahan gejala yang dialami.

3. Tahapan Non Medis

Masuk ke tahapan non medis, dimana pada tahapan ini pasien narkoba akan mengikuti banyak kegiatan pemulihan secara terpadu. Kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari konseling, terapi kelompok sampai pembinaan spiritual dan secara keagamaan.

Konseling dilakukan untuk membantu pecandu mengenali masalah dan perilaku yang memicu pasien bisa mengalami ketergantungan narkoba. Biasanya pada tahap ini pecandu lebih mudah untuk menemukan strategi yang tepat agar bisa lepas dari keganasan narkoba.

Masuk ke terapi kelompok dimana Anda akan menjalani diskusi pada sebuah forum yang beranggotakan sesama pecandu. Terapi ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan motivasi pada diri sendiri agar bisa dari ketergantungan tapi juga saling memotivasi antar pecandu. Bahkan pada forum ini bisa sekalian mendapatkan bantuan dan dukungan agar sama-sama terbebas dari narkoba.

3. Tahap Bina Lanjut

Disebut juga dengan tahapan after care. Dimana para pecandu akan diberikan kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat. Tujuan tahapan bina lanjut ini adalah untuk membantu para pasien bisa kembali lagi ke masyarakat dan tetap produktif setelah program rehabilitasi selesai.

Setelah rehabilitasi selesai, pecandu bisa kembali ke masyarakat dan beraktivitas kembali namun harus dalam pengawasan. Pada pelaksanaan aktivitas normal, mantan pecandu juga harus dapat dukungan dari keluarga dan kerabat terdekat agar bisa menjalani kehidupannya seperti semula. Dukungan dari keluarga juga dapat membuat mantan pecandu bisa benar-benar lepas dari jeratan narkoba di masa mendatang dan tidak akan punya niat kembali lagi ke lembah kelam narkoba.

Untuk yang membutuhkan rehabilitasi narkoba maka Anda bisa pilih pusat rehabilitasi terbaik yaitu Ashefa Griya Pusaka. Dimana pusat rehabilitasi ini memiliki program rehabilitasi yang bagus terdiri dari 3P. Yang merupakan singkatan dari pulih, pengembangan diri dan produktif.

Tahapan pulih fokus pada kegiatan pemulihan dari ketergantungan zat adiktif yang diderita dengan serangkaian program, observasi hingga stabilisasi dan detoksifikasi. Kemudian pengembangan diri akan mengembali dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki oleh pribadi pasien.

Kemudian yang terakhir produktif yaitu tahapan dimana pasien akan dipersiapkan untuk bisa menyelesaikan program rehabilitasi dan kembali menjalani fungsi sosialnya di kehidupan bermasyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *