Business Strategy Untuk Menetapkan Harga Produk

Salah satu pertimbangan penting untuk menjalankan bisnis adalah dengan menetapkan harga yang tepat. Pemilihan harga tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena apabila harga yang terlalu murah tentunya tidak akan menutup ongkos, sedangkan harga yang terlalu mahal akan membuat calon konsumen kabur. Bagi yang bingung untuk menentukan harga yang tepat tersebut bisa memperhatikan beberapa business strategy untuk penetapan harga barang seperti berikut ini:

  • Memperhitungkan semua biaya

Langkah pertama yang bisa menjadi pertimbangan untuk menetapkan harga adalah dengan memperhitungkan semua biaya yang dikeluarkan. Ketika menjual barang atau produk tentunya ada biaya yang dikeluarkan. Anda perlu menghitung berbagai pengeluaran sehingga akan menemukan BEP yang tepat untuk menentukan harga yang tepat untuk produk yang dijual. Sehingga untuk mendapatkan harga yang tepat, pastikan untuk menghitung berbagai pengeluaran dan semua biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk tersebut. Mulai dari biaya yang dibutuhkan untuk modal, distribusi, dan juga lainnya. Hal tersebut untuk menghindari agar tidak mengalami kerugian karena menerapkan harga yang salah.

  • Jangan memberikan diskon terlalu sering

Salah satu business strategy untuk menarik pembeli tentunya dengan memberikan harga diskon. Hal tersebut akan membuat pembeli merasa untung karena bisa mendapatkan harga barang yang jauh lebih murah. Sehingga apabila di tempat Anda sering memberikan diskon, maka biasanya pembeli hanya akan menunggu diskon untuk membeli barang di tempat tersebut. Di mana strategi pemberian diskon tersebut bisa menjadi boomerang untuk bisnis Anda karena pembeli yang cerdas hanya membeli barang saat ada diskon. Untuk menghindari kerugian tersebut, sebaiknya jangan sering memberikan diskon pada konsumen. Tetapi pilih waktu yang tepat untuk memberikan diskon seperti saat hari raya lebaran, natal dan tahun baru, dan juga momen lainnya yang bisa menarik untuk pembeli belanja.

  • Memberikan harga yang realistis

Hal yang perlu diperhatikan ketika akan memberikan harga barang tentunya dengan memilih harga yang realistis. Sehingga tidak heran apabila banyak produk sejenis yang mempunyai harga yang hampir mirip, karena memang memberikan harga yang realistis. Apabila memilih harga yang tidak realistis seperti harga yang terlalu tinggi maka akan membuat calon konsumen lari terlebih dahulu. Sedangkan apabila menjual barang dengan harga yang terlalu rendah, hal tersebut juga membuat konsumen menjadi curiga dan takut untuk membeli produk yang ditawarkan. Oleh karena itulah akan lebih aman untuk memberikan harga yang realistis dengan kualitas barang yang Anda tawarkan.

  • Membandingkan harga dengan kompetitor

Apabila ingin memberikan harga sebuah produk tentunya penting untuk membandingkan terlebih dahulu dengan kompetitor. Melihat harga di toko sebelah merupakan cara yang bisa digunakan agar mendapatkan harga yang realistis dan juga bersaing. Seperti ketika menawarkan produk dengan harga yang lebih murah walaupun sedikit dari harga kompetitor Anda, hal tersebut akan dilihat dan menjadi pertimbangan penting bagi pembeli sehingga akan memilih produk yang Anda tawarkan dibandingkan produk dari kompetitor. Oleh karena itulah untuk memberikan harga yang tepat bisa membandingkan terlebih dahulu dengan harga kompetitor agar bisa memberikan harga yang bersaing.

  • Menyesuaikan dengan target dan wilayah

Hal terakhir yang bisa digunakan untuk menentukan harga produk yang tepat adalah dengan menyesuaikan dengan target dan juga wilayah penjualannya. Ketika mempunyai tempat penjualan yang mempunyai gaji kecil, harga produk yang mahal tentunya bukan menjadi pilihan. Sehingga saat akan memberikan harga barang yang dijual perlu untuk melihat terlebih dahulu target dan tempat penjualan produknya. Hal ini akan membantu untuk mendapatkan harga yang tepat sehingga sesuai dengan target pasar dengan harga yang ditawarkan akan tetap diminati oleh target konsumen yang Anda punyai.

Menentukan harga merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar bisa mendapatkan harga yang bersaing, masuk akal, sekaligus sesuai dengan target konsumen yang dipunyai. Business strategy untuk menentukan harga yang tepat ini bisa dipelajari dengan banyak program yang ada di Prasmul-ELI seperti program finance hingga perencanaan bisnis. Ikuti pelatihan bersertifikat untuk pelatihan strategi bisnis tersebut di Prasmul-ELI dengan menghubungi WhatsApp di nomor +62822 111 11150.