Hal-Hal Yang Harus Diketahui Tentang Kredit Modal Kerja, Program Terbaru Pemerintah

Semenjak pandemi Covid-19 yang terjadi memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya hal tersebut membawa dampak yang cukup besar dalam kehidupan pelaku usaha di Indonesia, banyak bisnis yang gulung tikar sampai harus melakukan PHK masal. Dampaknya sendiri juga besar terhadap kondisi tenaga kerja di dalam negeri, banyak diantaranya yang menganggur atau kehilangan pekerjaan karena lapangan kerja yang semakin sempit. Hal ini kemudian membuat pemerintah memberikan suntikan dana dengan kredit modal kerja.

Program terbaru dari pemerintah ini pastinya sudah sering Anda dengar, apalagi jika dilihat antusiasme masyarakat untuk bisa mendapatkan pendanaan dari sini juga tinggi, khususnya adalah bagi para pelaku usaha, mulai diantaranya adalah UMKM sampai dengan perusahaan-perusahaan besar juga bisa ambil pinjaman tersebut dengan penawaran cukup menarik, KMK ini adalah sebuah layanan pembiayaan yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan bisnis memang.

Pemerintah sendiri bekerjasama dengan banyak perbankan yang ada di Indonesia untuk proses penyaluran uang pinjaman atau kredit tersebut, sehingga bisa lebih tepat sasaran. Salah satu diantaranya bank di Indonesia yang juga sudah dipilih sebagai tempat penyaluran kredit ini adalah bank BCA. Sehingga nantinya Anda juga bisa ikut mendaftarkan diri dari bank BCA terdekat. Berikut ini juga ada beberapa hal yang patut diketahui tentang program kredit modal kerja dari pemerintah tersebut, yaitu:

  1. Jenis pinjaman yang bisa digunakan untuk berbagai pembiayaan bisnis, seperti namanya yang memang ditujukan untuk kebutuhan modal kerja, KMK memang dirancang sebagai program kredit atau pinjaman untuk Anda yang ingin membeli stok persediaan operasional misalnya, modal untuk mengembangkan bisnis tersebut misalnya ingin buka cabang baru sampai dengan digunakan untuk kebutuhan melunasi hutang dagang juga tidak masalah, karena memang tujuannya untuk pelaku usaha.
  2. Tidak sembarangan pelaku usaha bisa mengajukan pinjaman ini, meskipun pada dasarnya produk kredit yang satu ini memang dikhususkan untuk para pelaku usaha, namun patut untuk diketahui juga bahwa tidak sembarangan pelaku usaha atau pelaku bisnis juga bisa meminjam uang dengan program tersebut, dimana ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Usaha atau bisnis tersebut sudah harus terdaftar dan memang memenuhi syarat untuk layak diberikan kredit oleh pemerintah, nantinya bank yang Anda pilih sebagai tempat pendaftaran inilah yang akan melakukan surveynya.
  3. Banyak manfaat yang akan dirasakan, tentu dengan adanya KMK ini banyak yang akan merasakan manfaatnya, baik itu dari pelaku usaha sampai dengan tenaga kerja juga. Seperti perusahaan yang bisa semakin berkembang, kemudian perusahaan juga bisa membayarkan kewajiban kepada karyawannya tepat waktu tidak ada istilah molor lagi karena sudah mendapatkan suntikan dana. Hingga membantu untuk mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja, karena bagaimanapun juga jika banyak perusahaan yang berkembang, maka otomatis akan membuat mereka membutuhkan lebih banyak SDM untuk bekerja didalamnya, bagus untuk mengurangi angka pengangguran bukan.
  4. Bunga rendah, dibandingkan dengan jenis pinjaman yang lainnya, maka produk pinjaman dari pemerintah ini menerapkan suku bunga yang relatif kecil, sehingga nantinya tidak akan terlalu membebani pelaku usaha untuk pelunasannya, yaitu ia ditawarkan dengan bunga sekitar 8,49 persen, nilai yang cukup kecil atau ringan bukan.
  5. Plafon ratusan juga hingga milyaran rupiah, lalu berapa plafon atau limit pinjaman yang bisa didapatkan dengan produk KMK ini? tidak perlu khawatir karena bank sendiri menawarkan dengan plafon yang tinggi mulai dari ratusan sampai dengan milyaran rupiah. Karena memang kebutuhannya sendiri dijadikan sebagai modal suntikan bisnis, jadi pasti akan butuh banyak.

Jadi bagaimana apakah Anda tertarik juga untuk ambil kredit modal kerja ini? jika memang demikian maka bisa segera ajukan pinjaman Anda, cek bank yang memfasilitasi pinjaman tersebut kemudian pilih yang terpercaya. Seperti dari bank BCA, lebih baik memang pilih meminjam uang kesini dibandingkan yang lain, karena memang cabang BCA sendiri ada di seluruh wilayah Indonesia, sehingga kian mudah bagi Anda untuk datang kesana dan segera ajukan pinjaman di halaman BCA berikut ini.