7 Jenis Jeruk yang Biasa Dikonsumsi Serta Kandungan Manfaatnya

Jeruk menjadi salah satu jenis buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Varian rasa yang beragam mulai dari kecut, asam bahkan manis menjadi daya tarik tersendiri bagi pecintanya.  Sehingga dari beragamnya jenis jeruk tersebut memberikan keleluasaan para penikmat dalam mengolah serta menyajikannya. Jeruk dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi beragam makanan dan minuman bergizi tinggi.

Selama ini yang paling dicari dari buah jeruk adalah kandungan vitamin C yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Selain vitamin C, jeruk juga memiliki banyak kandungan lain yang juga memberikan banyak kegunaan untuk kesehatan. Banyaknya nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh inilah yang membuat buah jeruk sering dikonsumsi bahkan sejak ribuan tahun lalu.

Buah jeruk memiliki banyak varian, bahkan di Indonesia ada beberapa macam jenis jeruk yang juga sangat populer. Berikut ini ulasan jenis jeruk dan sejumlah manfaat yang terkandung di dalamnya.

Varian Jeruk dan Manfaatnya

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Tak hanya untuk masakan, jeruk nipis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Jeruk nipis kaya akan vitamin C, menyediakan lebih dari 20% vitamin C untuk kebutuhan harian. Kandungan zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, kalium, dan banyak lagi dapat ditemukan dalam jeruk nipis sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Jeruk nipis atau disebut juga key lime berasal dari tanaman Citrus aurantiifolia. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau, memiliki diameter 3-6 sentimeter, dan mengandung cairan asam. Rasa asam tersebut berasal dari asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis.

2. Jeruk Bali

Jenis jeruk pertama yang bisa dijumpai di Indonesia yaitu jeruk bali. Sekilas jeruk jenis ini memang sangat berbeda dari segi ukurannya yang cukup besar. Jeruk bali memiliki tekstur daging berwarna pink sedangkan pada kulit buahnya cenderung berwarna kuning kehijauan.

Memiliki rasa sedikit asam dan manis tetapi sering kali dibuat campuran bahan olahan makanan seperti, rujak, salad dan asinan. Kandungan yang terdapat pada jeruk bali antara lain karbohidrat, mineral, vitamin B, serat dan protein. Antioksidan pada kandungannya juga sangat bagus untuk membangun imun tubuh.

3. Jeruk Medan

Jenis jeruk berikutnya adalah jeruk Medan. Jeruk yang pada awalnya dibudidayakan di kawasan Sumatera Utara. Memiliki kandungan air yang begitu banyak dan rasanya manis. Warna kulit hijau kekuningan Tetapi lebih dominan berwarna kuning. Beberapa kandungan penting dalam jeruk Medan juga sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh.

4. Jeruk Pontianak

Jeruk Pontianak menjadi varian jenis jeruk lain yang juga banyak diburu di Indonesia. Banyak sekali dibudidayakan di kawasan Pontianak. Meski hampir mirip dengan jeruk Medan, tetapi jeruk Pontianak memiliki tekstur kulit yang lebih tipis dan berwarna hijau. Kandungan nutrisi vitamin A, B6, C, protein , kalori, karbohidrat dan kandungan lain sangat menyehatkan tubuh.

5. Jeruk Nipis

Jenis jeruk begitu populer berikutnya yaitu jeruk nipis. Sudah menjadi salah satu jenis jeruk yang tidak asing karena manfaatnya begitu banyak. Selain dijadikan minuman pada beberapa tempat makan, jeruk nipis juga berfungsi sebagai penetral daging dan bau amis saat mengolah ikan.

Pada sebuah jeruk nipis terdapat kandungan serat, vitamin A, B, C, gula, karbohidrat dan antioksidan. Selain itu untuk mendapatkan perawatan kulit yang maksimal bisa juga menggunakan perasan jeruk nipis dan mengoleskan pada kulit.

6. Jeruk Lemon

Jeruk yang sering kali digunakan untuk bahan minuman serta pelengkap salad buah yaitu jeruk lemon. Ciri-ciri adalah berwarna kuning terang, kulit tebal dan berwarna mengkilap. Rasanya pun begitu khas karena sangat asam dibandingkan jenis jeruk lain.

Pada sebuah jeruk lemon terdapat kandungan bagus untuk tubuh seperti flavonoid, vitamin C, karotenoid, dan polifenol. Tidak hanya dijadikan sebagai peningkat imunitas tubuh, jeruk lemon juga bermanfaat untuk mencegah sembelit, kerutan pada kulit, dan membantu untuk menurunkan berat badan.

7.  jeruk Mandarin

Jenis jeruk yang sampai saat ini begitu populer di dunia adalah jeruk mandarin. Memiliki ukuran yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan ukuran jeruk lainnya. Mudah sekali dikupas karena memiliki kulit yang tipis dan jangan ragu karena rasanya begitu manis. Kandungan didalamnya juga sangat lengkap mencakup mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Itulah beberapa jenis varian jeruk yang bisa Anda pilih dari segi manfaat dan kegunaannya. Dapatkan buah jeruk kualitas terbaik hanya di TaniHub. Di tempat belanja sayur dan buah online terbaik ini Anda dapat juga belanja kebutuhan sehari – hari lainnya seperti buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.  Cukup download aplikasi TaniHub di Playstore atau Apple store atau dapat juga mengunjungi website di https://TaniHub.com. Selamat berbelanja 🙂