ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), Laptop Dengan Desain Keren

Belum lama ini ASUS menghadirkan sebuah laptop computer berdesain keren yang  sangat menarik di pasaran Indonesia. Uniknya, laptop yang satu ini dipasarkan di harga sweet spot. Memang tidak murah seperti harga laptop kelas entry, tapi tidak mahal juga sepert laptop kelas kualitas premium. Meski demikian, ia menawarkan banyak fitur dan performa kelas atas.

Yang dimaksud adalah ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), Dibandingkan dengan laptop sejenis di kelasnya dan di rentang harganya, laptop yang satu ini menawarkan sejumlah kelebihan. Sebagai gambaran, di situs resmi ASUS dan juga di e-commerce, laptop ini dipasarkan di harga mulai dari  Rp10.999.000, sebuah harga yang sangat pas untuk laptop modern di masa kini.

Tertulis, ada beberapa kelebihan utama yang ditawarkan oleh ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang membuatnya menjadi opsi menarik dibanding kompetitornya. Dan berikut ini kami ringkas menjadi lima alasan memilih ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Apa saja demikian?

Panel Layar ASUS OLED

Hal pertama yang membuat perbedaan signifikan antara ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) adalah penggunaan panel display ASUS OLED. Sejauh ini baru sedikit laptop yang dijual di kisaran harga 10 jutaan yang dirilis dengan layar OLED. Pada umumnya laptop yang menggunakan kelas OLED harganya lebih dari Rp. 15 atau bahkan 20 juta Rp.

Sekadar informasi, tampilan ASUS OLED pada laptop tentu saja mereproduksi warna dengan akurasi luar biasa untuk gambar kelas profesional, menjadikannya sempurna untuk pekerjaan kreatif.

Dengan gamut warna 100% DCI-P3, layar memberikan warna yang sangat jernih. Sertifikasi PANTONE® juga dicapai untuk akurasi warna tingkat profesional. Sertifikasi TÜV Rheinland menjamin emisi cahaya biru yang jauh lebih rendah daripada layar laptop konvensional.

Dari segi kecerahan, ASUS OLED juga memberikan warna 1,6 kali lebih banyak dibandingkan layar LCD konvensional. Pada layar LCD konvensional, detail dan warna keseluruhan sering turun secara signifikan saat tingkat kecerahan warna turun. Namun panel OLED ASUS dapat mempertahankan gamut warna yang lebar. Dengan kata lain, ia juga mampu memberikan akurasi warna yang sangat baik pada tingkat kecerahan layar apa pun.

Layar ASUS OLED juga memiliki beberapa fitur untuk mencegah terjadinya flare. Perlindungan diberikan dari perangkat keras ke perangkat lunak khusus yang disediakan. Semua diatur secara default berfungsi tanpa pengguna perlu mengubah pengaturan pengoptimalan.

Area Layar Lebih Luas dengan Rasio 16:10

Keunggulan selanjutnya, dibandingkan laptop populer lainnya yang beredar di pasar Indonesia, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menggunakan rasio layer 16:10. Rasio layar ini berbeda dengan laptop konvensional yang masih menggunakan panel 16:9.

Keuntungannya adalah ketika bekerja dengan laptop dengan rasio layar yang lebih besar, Anda berpotensi meningkatkan produktivitas. Dibandingkan dengan rasio aspek 16:9, rasio aspek 16:10 memberikan ruang kerja yang lebih luas bagi pengguna untuk melihat lebih banyak konten.

Untuk contoh sederhana, lihat gambar di atas. Jika kita bekerja dengan Microsoft Excel, pada laptop dengan layar 16:9 dengan resolusi FullHD 1920x1080p, kita hanya dapat melihat lembar kerja hingga baris 37. Sedangkan menggunakan tangan laptop memiliki aspek rasio 16:10, kita masih dapat melihat ke-44 data tanpa harus menggulir ke bawah. Kedengarannya klise, tapi ini sangat berguna.

Begitu juga saat kita bekerja dengan software seperti Adobe Photoshop. Area layar yang lebih besar memungkinkan kami menempatkan alat yang diperlukan dengan nyaman saat melihat foto yang sedang berlangsung tanpa rasa malu.

Layar Resolusi 2.8K 90Hz

Tidak hanya panel yang lebih lebar, resolusi layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga tinggi. Sementara laptop 14 inci lainnya sering memiliki layar resolusi FullHD, atau bahkan layar resolusi HD untuk laptop terjangkau, layar laptop ASUS ini menggunakan panel resolusi 2.8K.

Resolusi tinggi ini membuat tampilan di layar lebih tajam dan nyaman untuk dilihat. Apalagi saat pengguna melihat konten multimedia, baik itu foto maupun video. Dengan kata lain, tidak hanya untuk bekerja tetapi juga untuk bermain, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini menawarkan lebih dari yang lain. Tidak hanya memiliki resolusi tinggi, layar laptop ini juga memiliki refresh rate 90Hz yang cukup tinggi. Untuk laptop non-game, terutama dengan layar OLED, kecepatan refresh 90Hz adalah kecepatan yang cukup tinggi. Pasalnya, masih banyak panel layar OLED yang menggunakan refresh rate 60Hz, bahkan laptop dengan layar IPS masih menggunakan 60Hz.

Kelebihannya, saat menonton video atau film bergenre fast action, Anda akan menikmati konten dengan detail yang lebih tajam. Misalnya, meskipun Anda bermain game di laptop ini, kecepatan refresh yang lebih tinggi ini memungkinkan laptop membuat game lebih lancar.

Bobot Ringan Hanya 1,4Kg

Kemudian sebagai laptop entry level dengan prosesor gaming-grade, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) hadir dengan ukuran yang relatif kompak dan bobot yang ringan. Dengan panjang 31,58, lebar 22,63 dan ketebalan 1,89 hingga 1,92 cm di titik paling tebal, laptop ini hanya memiliki berat 1,4 kg. Sebagai contoh ilustrasi, laptop konsumen, dalam kisaran harga yang sama, biasanya memiliki berat antara 1,4 dan 1,6kg.

Meski ringan, ASUS menyediakan material pendingin yang bertenaga di dalamnya. Dua pipa panas dan dua kipas pendingin tersedia di dalam laptop untuk mendinginkan CPU dan chipset GPU dipasang untuk meningkatkan kekuatan laptop tersebut. Jangan membuat kesalahan. Laptop 14 inci yang khas biasanya hanya menggunakan satu pipa panas dan satu solusi kipas pendingin.

Sistem pendingin IceCool Plus terbaru menggunakan dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) sehingga dapat dilengkapi dengan 86 bilah per kipas. Sistem pendingin ASUS IceCool Plus mampu memberikan aliran udara 16% lebih banyak dan memastikan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) selalu dapat beroperasi secara optimal.

Performa tinggi dengan prosesor seri H

Nah, inilah alasan utama mengapa laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) berbeda dengan laptop lain di segmen yang sama. Apalagi jika bukan itu penggunaan CPU H-series yang biasa digunakan pada laptop gaming. Sekadar informasi, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) hadir dengan pilihan CPU AMD Ryzen-series 5000 yaitu AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6 core 12 thread dengan cache 19 MB dan up to speed) hingga 4.2 GHz) atau AMD Ryzen™ 7 Mobile Processor 5800H (8 core 16 threads dengan 20 MB cache dan hingga 4,4 GHz).

Prosesor ini merupakan prosesor gaming-grade yang dirancang dengan arsitektur Zen3 melalui proses 7nm, memungkinkan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) tidak hanya memiliki performa komputasi yang handal tetapi juga memiliki daya tahan baterai yang lama.

Sebagai gambaran, prosesor AMD Ryzen 5000 H-series menawarkan kinerja multi-threaded sekitar 19% lebih baik daripada prosesor AMD Ryzen 5000 U-series di kelas yang sama. Bahkan jika dibandingkan dengan Intel Core G-series Generasi ke-11 untuk ponsel ultra-tipis, kinerja multi-core hampir dua kali lipat dalam aplikasi multitasking terbaru. Tidak bisa dipercaya bukan?

Lihat informasi lebih lanjut tentang ASUS Vivobook Pro 14 OLED, laptop Kinerja Harga Terbaik dan laptop ASUS lainnya di https://zencreator.id/.